Home » , , , » Cara Membuat Saluran YouTube, Panduan Lengkap untuk Pemula

Cara Membuat Saluran YouTube, Panduan Lengkap untuk Pemula

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara memulai saluran YouTube sebagai pemula, Anda datang ke tempat yang tepat. Saya tahu bahwa begitu Anda memutuskan untuk memulai saluran YouTube dan menjadi YouTuber, banyak pertanyaan mulai membanjiri pikiran Anda. Tentang apa saluran saya? Apa yang saya perlukan untuk menjadi YouTuber? Bagaimana cara membuat saluran YouTube? Kiat apa yang ada untuk pemula YouTube?

Cara Membuat Saluran YouTube


Anda akan menemukan jawaban untuk semua pertanyaan ini dan lebih banyak lagi di posting ini tentang cara memulai saluran YouTube untuk pemula. Semoga artikel ini akan memandu Anda untuk memulai perjalanan YouTube Anda. Mari kita gali.

Apa tujuan saluran YouTube Anda?


Memulai saluran YouTube bisa cocok karena berbagai alasan. Penting untuk mengetahui sejak awal apa yang Anda tuju dengan saluran YouTube Anda. Setiap keputusan yang Anda buat, mulai dari video yang Anda buat hingga cara Anda mempromosikan saluran Anda, akan didasarkan pada tujuan Anda.

Saya akan membahas alasan paling umum untuk memulai saluran YouTube sehingga Anda dapat lebih merasakan apa yang ada di pasar YouTube.

  • Mempromosikan bisnis Anda

Video YouTube adalah perbaikan besar bagi strategi pemasaran Anda jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak prospek. Dengan meningkatnya permintaan konten video, Anda mungkin tidak ingin meneruskan manfaat yang dapat diberikan oleh pemasaran YouTube kepada Anda.

  1. Anda mendapatkan eksposur yang lebih baik dan menjangkau lebih banyak orang melalui YouTube. Banyak pelanggan yang meneliti suatu produk sebelum membeli dan mereka mempercayai konten video lebih dari konten apa pun
  2. Anda menetapkan diri sebagai ahli dalam industri dan memperkuat kepercayaan pada merek Anda
  3. Anda mendidik orang tentang bagaimana dan mengapa menggunakan produk Anda, sehingga memudahkan prospek untuk membuat keputusan pembelian


  • Menampilkan karya seni Anda

Jika Anda seorang seniman, YouTube adalah tempat Anda dapat membuat diri Anda didengar. Tunjukkan proses kreasi Anda, tips & trik, dan bicarakan inspirasi dan proses Anda. Dengan melakukan itu, Anda akan menerima eksposur yang lebih baik untuk karya seni Anda dan Anda akan dapat membuat koneksi asli dengan pecinta seni.

  • Berbagi keterampilan atau hobi

Jika Anda terampil dalam niche tertentu, menunjukkan keterampilan-keterampilan dalam format video dapat berfungsi baik sebagai hobi dan peluang menghasilkan uang. Ajari orang lain cara mempelajari keterampilan itu sendiri. Video bagaimana-melakukannya dengan sangat baik di YouTube.

  • Menghasilkan uang di YouTube

Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang di YouTube, dan Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan niat Anda. Berikut adalah cara paling umum untuk menghasilkan uang dari YouTube.

  1. Monetisasi Video YouTube
  2. Crowdfunding
  3. Pemasaran Afiliasi
  4. Jual barang dagangan
  5. Menjadi influencer dalam tema

Sekarang setelah Anda memiliki gagasan tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan saluran YouTube, saatnya mengambil keputusan sebelum memulai di YouTube.

Memilih ceruk terbaik untuk saluran Anda



  • Pentingnya memilih tema

Sebelum memulai saluran YouTube, Anda perlu memutuskan ceruk apa yang ingin Anda targetkan.

Ceruk yang akan Anda targetkan adalah fondasi bisnis YouTube. Untuk memberikan konten video yang tepat kepada audiens Anda, Anda harus terlebih dahulu tahu siapa audiens Anda. Anda tidak bisa hanya mengunggah video acak dan berharap yang terbaik. Setiap video harus memiliki tujuan dan maksud.

  • Cara memilih tema terbaik untuk saluran Anda

Banyak orang sudah tahu akan seperti apa ceruk mereka ketika membuat keputusan untuk memulai saluran YouTube karena mereka ingin fokus pada sesuatu yang biasanya mereka lakukan. Misalnya, jika Anda seorang seniman, Anda tahu bahwa Anda ingin saluran Anda tentang seni. Jika Anda memiliki keterampilan Photoshop, Anda tahu Anda ingin mengajari orang bagaimana menggunakan Photoshop.

Tapi mungkin Anda ingin memulai saluran YouTube karena Anda suka ide membuat video, dan Anda ingin menjalani kehidupan YouTuber. Jika Anda belum memiliki topik tertentu dalam pikiran, saya akan memberi Anda beberapa hal untuk dipertimbangkan ketika memutuskan ceruk.

  • Topik apa yang menarik minat Anda?

Apa topik yang benar-benar membuat Anda terpesona? Sangat penting untuk memiliki hasrat terhadap subjek yang akan Anda targetkan karena lebih banyak alasan.

  1. Anda harus membuat konten secara teratur untuk waktu yang lama (setidaknya bertahun-tahun). Jika Anda tidak menikmati topiknya, akan sangat sulit untuk menghadapi saat-saat ketika Anda lelah, kehabisan ide dan frustrasi.
  2. Anda akan mudah bosan jika Anda tidak tertarik pada subjek dan saluran YouTube Anda akan terasa seperti serangkaian tugas yang mengerikan.
  3. Orang merasakan kegembiraan. Pernahkah Anda mendengar seseorang berbicara dengan penuh gairah? Bukankah antusiasme membuat Anda merasa lebih tertarik pada ide yang disampaikannya? Saya yakin Anda sudah melalui ini. Berbicara dengan antusiasme yang otentik adalah magnet yang menarik minat orang lain.



  • Apakah ada permintaan untuk topik tersebut?

Apakah ada permintaan untuk mata pelajaran yang akan Anda bahas? Jika Anda berpikir untuk berbicara tentang mengelus unicorn tetapi tidak ada yang mencarinya, tidak akan ada penonton untuk menonton video Anda.

Ini sebagian besar benar jika Anda ingin menghasilkan uang di YouTube, daripada membagikan hobi spesifik Anda dengan dunia. Jika Anda memiliki hobi yang ingin Anda pamerkan, jangan pedulikan permintaan - miliki saja keahlian Anda dan buat orang-orang menghargainya! Jika Anda membuat sesuatu yang luar biasa, Anda akan membuat permintaan sendiri. Penelitian pasar dan lihat apakah ceruk yang Anda pikirkan sedang dicari.

  1. Anda dapat menggunakan Perencana Kata Kunci Google AdWords.
  2. Anda juga dapat memeriksa Google Trends.



  • Bagaimana kompetisinya?

Betapa sulitnya bagi Anda untuk diakui? Anda akan menemukan jawabannya dengan melihat berapa banyak YouTuber yang aktif di niche tersebut. Jika topiknya terlalu jenuh, akan sulit bagi Anda untuk menjadi YouTuber yang sukses di ceruk itu.

Jika Anda tidak memiliki topik tertentu dalam pikiran ketika Anda memutuskan untuk memulai di YouTube, Anda memiliki lebih banyak kebebasan dalam memilih ceruk untuk ditargetkan. Anda dapat menemukan ceruk yang bagus dengan permintaan tinggi dan sedikit kompetisi.

Tetapi jika Anda menggunakan YouTube sebagai bagian dari strategi pemasaran konten Anda atau Anda sudah tahu ceruk apa yang akan Anda masuki, jangan panik jika ceruk itu kompetitif. Anda akan memulai penargetan kata kunci dengan persaingan rendah dan membangun jalan Anda. Ini akan lebih sulit, tetapi bukan tidak mungkin. Lihat YouTubers lain di ceruk tersebut

  1. Konten apa yang mereka berikan?
  2. Mengapa orang memperhatikan mereka?
  3. Bagaimana mereka membuat pendengar mereka tetap terlibat?

Baca komentar dan lihat apakah pemirsa menyarankan perbaikan dan membutuhkan lebih banyak wawasan, lalu tanyakan pada diri sendiri:

  1. Apa yang bisa saya tambahkan ke topik?
  2. Bagaimana saya bisa menyajikan subjek dari perspektif yang berbeda?
  3. Bagaimana saya bisa memberikan nilai lebih kepada pemirsa?

Anda harus melihat kekurangan di pasar dan menutupinya sendiri. Bawa sesuatu yang berharga dan kualitatif ke pasar dan keterlibatan orang-orang akan datang. Munculkan pendekatan baru untuk topik tersebut. Anda harus unik dan otentik untuk menonjol dari kerumunan.

  • kata kunci populer di YouTube?

Berikut adalah ceruk paling populer dan menguntungkan di YouTube jika Anda memerlukan beberapa ide konten saluran YouTube:

  1. Video Teknologi
  2. Game
  3. Ulasan produk
  4. Tutorial
  5. Video Storytime
  6. Vlogs
  7. Makanan
  8. Mode
  9. Kecantikan
  10. Penurunan berat badan & Hidup Sehat
  11. Perjalanan
  12. Binatang
  13. Bagaimana caranya
  14. Humor

Apa yang Anda butuhkan untuk menjadi YouTuber yang sukses?



  • Berkendara dan semangat terhadap subjek

Gairah terhadap subjek dan kemauan untuk bekerja ekstra. Ini adalah senjata pertama dan terpenting Anda untuk memulai. Kami sudah membicarakan mengapa hasrat sangat penting untuk membangun saluran YouTube yang sukses.

  • Waktu untuk merekam dan mengedit

Membangun saluran YouTube yang sukses mungkin tidak memerlukan banyak investasi moneter, tetapi Anda harus menginvestasikan waktu Anda.

Mempertahankan saluran YouTube Anda berarti secara teratur membuat konten, mempromosikannya, memunculkan ide-ide baru dan meningkatkannya. Oleh karena itu, yang terbaik untuk mendapatkan gagasan tentang berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk berinvestasi sehingga Anda tahu jika Anda mampu membelinya.

  1. Berapa banyak waktu yang diperlukan untuk menghasilkan ide dan mengembangkan skrip?
  2. Berapa lama Anda untuk merekam video?
  3. Bagaimana dengan pengeditan?

Anda tidak dapat menemukan angka pastinya, terutama jika ini adalah pertama kalinya Anda menguji air di YouTube. Tetapi Anda dapat memperkirakan secara kasar berapa banyak waktu yang Anda perlukan untuk tetap konsisten dengan saluran YouTube Anda.

  • peralatan YouTube untuk pemula

Pada awalnya, Anda tidak perlu menginvestasikan banyak uang untuk membeli peralatan terbaru di pasaran, tetapi Anda masih harus berinvestasi setidaknya dalam kamera dan mikrofon yang layak.

Peralatan apa yang Anda butuhkan tergantung pada jenis video yang akan Anda lakukan. Misalnya, jika Anda membuat tutorial cara-cara untuk Photoshop, Anda hanya perlu mikrofon yang layak. Karena Anda akan membagikan layar Anda, kamera video tidak diperlukan.

Kamera

Video Anda harus dalam bentuk HD tetapi tidak perlu terobsesi untuk memiliki kualitas video terbaik di awal. Video yang terlihat layak dapat bekerja dengan baik di YouTube jika kontennya kualitatif.

Tripod

Anda perlu sesuatu untuk memegang kamera dengan stabil di manapun Anda berada. Ada berbagai jenis tripod, tetapi ini akan menjadi keputusan pembelian termudah yang harus Anda buat.

Mikropon

Kualitas audio sangat penting. Orang tidak akan mengikuti video dengan audio yang buruk karena mereka tidak akan mengerti apa yang Anda katakan. Anda tidak perlu berinvestasi dalam mikrofon dengan harga tinggi, tetapi Anda ingin memastikan bahwa Anda dapat didengar dengan jelas tanpa masalah.

Cahaya

Pencahayaan yang hebat dapat mengubah video menjadi sangat luas. Itu membuat Anda terlihat lebih terang dan terlihat lebih jelas. Ini bukan keharusan pada awalnya, tetapi dapat membawa banyak keuntungan. Terutama jika Anda tidak memiliki tempat di rumah Anda di mana pencahayaan optimal untuk pembuatan film.

Sebelum memutuskan peralatan tempat Anda akan berinvestasi, pastikan Anda tahu di mana video Anda akan direkam. Apakah Anda akan menembak di luar atau di dalam? Akankah ada banyak kebisingan di sekitar Anda? Putuskan apa yang Anda butuhkan dan riset alat terbaik untuk kebutuhan Anda.

Untuk membantu Anda memutuskan perlengkapan, berikut adalah daftar peralatan untuk YouTuber pemula yang bisa Anda tuju.

Software Editing Video

Jangan merasa kewalahan karena Anda harus menggunakan perangkat lunak pengeditan. Ada banyak produk perangkat lunak dengan antarmuka yang sangat mudah, sangat mudah digunakan, bahkan jika Anda tidak memiliki keterampilan mengedit.

Jangan terburu-buru membeli perangkat lunak pengeditan profesional yang mahal di awal. Anda bisa mulai dengan menggunakan Windows Movie Maker. Biasanya datang terinstal dengan Windows Anda. Berikut adalah pos yang mengulas 6 produk perangkat lunak pengeditan gratis yang dapat Anda periksa.

Nama saluran YouTube


Nama saluran yang Anda pilih sangat penting. Itulah yang akan dikaitkan orang dengan kehadiran YouTube Anda.

  • Apa yang membuat nama saluran bagus

Nama yang Anda pilih harus mengekspresikan pesan inti Anda:

  1. Tetap relevan
  2. Tetap singkat
  3. Buat itu mudah dibaca
  4. Jangan menambahkan angka
  5. Gunakan permainan kata
  6. surat, permainan kata-kata
  7. Gunakan alat untuk merangsang ide



  • Brainstorming nama saluran terbaik

1. Tuliskan kata-kata yang menggambarkan Anda. Buatlah daftar lengkap dari kata-kata yang muncul di benak Anda ketika Anda berpikir tentang apa yang menentukan Anda. Getaran apa yang ingin Anda sebarkan? Bagaimana Anda menggambarkan diri Anda atau bisnis Anda dalam satu kata? Misalnya, jika Anda adalah orang yang berseni Anda dapat berpikir tentang kata-kata seperti warna-warni, semangat, menginspirasi, jelas, dan sebagainya.

2. Tulis kata-kata yang menggambarkan konten Anda. Apa yang akan kamu bicarakan? Bagaimana Anda bisa mendefinisikan topik dalam satu kata? Pikirkan sinonim untuk kata-kata Anda. Katakanlah Anda ingin menggunakan sesuatu yang berhubungan dengan "sparkle", Anda dapat melakukan brainstorming sinonim seperti shimmer, glow, flicker.

3. Campur kata-kata yang Anda tulis. Jangan khawatir tentang kualitas mereka. Hanya secara acak memilih kata-kata dan menggabungkannya. Anda akan menemukan nama yang sempurna dengan membiarkan diri Anda bermain-main dan bereksperimen. Begitulah ide-ide cemerlang menjadi hidup.

Saluran YouTube art


Untuk membuat saluran Anda terlihat luar biasa, Anda dapat mengunggah dua jenis gambar. Header, yang disebut sebagai saluran seni, dan logo, yang disebut ikon saluran di YouTube.

Cara Anda menyajikan saluran Anda harus bagus dan bersih, dengan getaran "Anda berada di tempat yang dingin". Ini adalah rumah dari video Anda sehingga Anda ingin terlihat ramah kepada pengunjung dan membuatnya berlangganan.

  1. Sampul saluran harus berukuran 2560 × 1440 px sehingga dapat ditampilkan dengan baik di layar TV.
  2. Anda perlu menempatkan teks di tengah karena sampul menampilkan berbeda di seluruh perangkat.

Anda dapat membuat grafik sendiri mengikuti beberapa pedoman jika Anda memiliki beberapa keterampilan desain atau Anda dapat menggunakan bantuan.

  1. Gunakan templat
  2. Minta seseorang mendesain karya seni Anda


Menyiapkan saluran YouTube Anda


Setelah Anda memutuskan ceruk pasar dan mengetahui rencana gim Anda, mari kita lihat cara membuat saluran YouTube. Prosesnya sederhana dan mudah.

Langkah 1: Buat akun YouTube (akun Google)

  • Langkah pertama adalah membuat akun Google. Karena YouTube dimiliki oleh Google, Anda hanya dapat terhubung ke YouTube melalui akun Google.
  • Setelah akun Google Anda siap, buka YouTube dan klik thumbnail akun Anda di sudut kanan atas.
  • Daftar drop-down akan muncul. Klik pada "Saluran Saya".
  • Secara default, secara otomatis akan mengeluarkan nama yang terkait dengan akun Google Anda. Jika Anda ingin menggunakan nama yang berbeda, klik "Gunakan bisnis atau nama lain".
  • Isi nama Anda dan tekan "Buat".

Selamat! Sekarang saluran Anda sudah habis. Tekan "Sesuaikan Saluran" jadi kami melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 2: Tambahkan seni saluran YouTube

  • Saluran YouTube Anda yang baru dipanggang sedih dan kosong sejauh ini. Sudah waktunya untuk membuatnya terlihat hidup.
  • Untuk menambahkan sampul untuk saluran Anda, klik "Tambahkan saluran seni" dan unggah file Anda.
  • Ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana seni saluran ditampilkan secara berbeda di berbagai perangkat.
  • Untuk mengatur ikon saluran Anda, arahkan mouse Anda ke atas kotak di sudut kiri dan klik pada pena kecil yang muncul. Ini akan membawa Anda ke profil Google Anda untuk mengubah gambar.
  • Saluran Anda terlihat lebih ramah sekarang, bukan?


Langkah 3: Isi rincian profil Anda

Menambahkan deskripsi yang tepat adalah bagian dari cara membuat saluran YouTube yang sukses. Buka halaman "Tentang" di saluran Anda.

Saat pemirsa akan menuju ke saluran YouTube Anda, mereka akan ingin membaca tentang apa saluran Anda. Buat salinan yang menarik yang mengungkapkan apa yang Anda lakukan dan memicu rasa ingin tahu orang untuk menemukan lebih banyak. Anda memiliki hingga 1000 karakter untuk dimainkan, buat yang terbaik dari mereka.

Pastikan juga menambahkan kata kunci yang terkait dengan niche Anda dalam deskripsi. Anda juga dapat menambahkan tautan ke situs web dan profil sosial Anda yang akan ditampilkan di saluran YouTube Anda di sebelah kanan sampul saluran.

Langkah 4: Verifikasi saluran YouTube Anda

Setelah selesai menyukai saluran YouTube, saatnya untuk memverifikasi sehingga Anda memiliki akses penuh ke fasilitas YouTube seperti menggunakan thumbnail khusus, mengunggah video lebih lama, sponsor, dan banyak lagi.

Yang harus Anda lakukan adalah pergi ke fitur YouTube saat masuk ke akun Anda dan klik verifikasi.

Anda dapat memilih untuk memverifikasi akun Anda baik melalui panggilan telepon atau melalui pesan teks. Tambahkan nomor telepon Anda dan Anda akan menerima kode verifikasi.

Sekarang pengaturan saluran YouTube Anda selesai dan Anda siap untuk mulai mengunggah video.

Tips pemula YouTube


Saya akan memberi Anda praktik terbaik yang perlu diingat ketika Anda akan mulai mengunggah konten ke saluran Anda.

  • Cuplikan video

Anda dapat menambahkan cuplikan video di saluran YouTube Anda yang muncul hingga pemirsa yang belum berlangganan saluran Anda. Memiliki trailer adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian dan mendapatkan lebih banyak pelanggan. Buat pengantar singkat untuk mengungkapkan tentang saluran Anda. Pastikan Anda mengaitkan minat pemirsa dan minta mereka berlangganan melalui anotasi.

  • Thumbnail yang meyakinkan

Thumbnail dan judul video adalah hal pertama yang dilihat pemirsa saat video Anda ditampilkan di YouTube. Ini menjadikan mereka alasan orang mengklik video Anda sejak awal. Anda ingin memastikan bahwa Anda menggunakan thumbnail khusus dan menarik dengan setiap video yang Anda unggah.

  • Tetap konsisten

Agar saluran YouTube berhasil, saluran ini harus menyediakan konten secara teratur untuk membuat audiens tetap terlibat dan terhibur. Tetapkan tujuan untuk diri Anda sendiri, seperti memposting satu video seminggu, dan terus ikuti tujuan itu.

  • Tonton banyak video YouTube

Anda ingin menonton banyak video YouTube dan bukan hanya pesaing Anda. Teliti YouTubers yang sukses dan analisis apa yang mereka lakukan dengan benar. Bagaimana struktur video mereka? Bagaimana mereka membuat pemirsa tertarik? Belajarlah dari orang lain dan terapkan apa yang Anda pelajari.

  • Jaga SEO YouTube

Mengoptimalkan video Anda memainkan peran besar dalam menentukan peringkat video Anda dalam hasil pencarian. Video Anda perlu peringkat tinggi agar orang dapat menemukan dan menikmatinya. Anda akan ingin membiasakan diri lebih banyak dengan peringkat video YouTube sehingga Anda bisa mendapatkan eksposur terbaik untuk video Anda.

  • Bagikan dan sambungkan

Bagikan video Anda di platform sosial seperti Facebook, Twitter, dan Google+. Temukan audiens yang ditargetkan di Quora dan Reddit dan bantu orang memecahkan masalah terkait niche Anda. Tambahkan video Anda untuk wawasan lebih lanjut yang relevan. Juga, mulailah membuat koneksi asli dengan YouTuber lain di niche Anda.

  • Atur video dalam daftar putar

Daftar putar memudahkan pemirsa melihat konten Anda dan juga sangat membantu dalam retensi pemirsa. Mereka membuat orang menonton video Anda. Retensi pemirsa adalah salah satu faktor utama dalam peringkat YouTube, jadi Anda harus mengubah semua yang Anda bisa agar pemirsa tetap terlibat dan menonton. Saat Anda memiliki video terkait, jangan lupa menambahkannya ke daftar putar.

  • Terus tingkatkan

Seperti keterampilan lainnya, keterampilan YouTube adalah sesuatu yang Anda kembangkan dengan mempelajari dan terus meningkatkan pendekatan Anda. Begitulah keberhasilan YouTuber menjadi sukses. Setiap kali Anda membuat video baru, perbaiki sesuatu dari yang sebelumnya.

  • Buat diri Anda terinspirasi

Ketika memulai sesuatu yang baru, tidak sulit untuk menemukan diri Anda kekurangan motivasi dari waktu ke waktu. Kita semua melewati ini di beberapa titik. Berikut adalah daftar saluran YouTube inovasi perusahaan paling inspirasional. Ikuti beberapa di antaranya dan Anda akan mendapat dorongan motivasi langsung dari pengusaha dan pemilik bisnis.

Satu saran terakhir: Jangan berkecil hati jika Anda tidak melihat banyak pertunangan pada awalnya. Membangun audiensi di YouTube membutuhkan waktu dan kesabaran, ini bukan kesepakatan semalam. Sabar dan terus bekerja menuju tujuan Anda.

Saatnya memulai saluran YouTube Anda


Pastikan Anda dengan jelas mendefinisikan tujuan dan ceruk pasar Anda sebelum hal lain. Setelah Anda memutuskan, lakukan brainstorming nama saluran Anda dan buat seni saluran YouTube. Ketika semuanya sudah siap, buat akun YouTube Anda, tambahkan karya seni, isi deskripsi dan info lainnya, dan Anda siap untuk mulai membangun saluran YouTube yang sukses.

Ingatlah kiat-kiat YouTube yang saya cantumkan di atas saat membuat konten video untuk saluran Anda dan jangan lupa bahwa setiap video yang Anda buat harus lebih baik daripada yang sebelumnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan akan membantu Anda memulai saluran YouTube Anda sendiri. Apa saja tips lain untuk pemula yang mau memulai perjalanan mereka di YouTube? Saya senang mendengar wawasan Anda.